Today :

Not found what you looking for?:

Sabtu, 10 Oktober 2009

Baju Robot Untuk Penderita Lumpuh

Sebuah perusahaan menggelontorkan sebuah baju robot yang memungkinkan seorang penderita lumpuh total bisa berjalan kembali. Robot itu akan menopang total tubuh si penderita untuk berjalan.

Adalah ReWalk, produk robot remote-control keluaran Argo Medical Technologies yang memungkinkan semua ini terjadi. Rewalk menopang kaki si penderita lumpuh yang terdapat motor dan sensor badan.

"Ini sebuah pergeseran dari pengguna kursi roda yang konvensional ke tongkat penopang yang sangat revolusioner," tutur Amit Goffer, pencipta ReWalk dari Argo Medical Technologies


Lebih lanjut dijelaskan, untuk merasakan teknologi revolusioner ini juga tidak terlalu murah. ReWalk yang akan segera dijual secara komersial tahun 2010 mendatang ini akan dibanderol sekitar US$ 20.000.

Untuk mengontrol ReWalk, pengguna cukup menekan tombol kontrol yang dililitkan di pergelangan tangan. Apakah ingin duduk atau berjalan, ReWalk yang akan melakukan pekerjaan selanjutnya, badan pengguna cukup mengikuti.

Di bagian belakang terdapat seperti tas gendong yang berisi kotak kontrol berbasis komputerisasi. Fungsi tas gendong tersebut adalah selain menjadi pusat bekerja ReWalk juga menjadi pemberat yang menyeimbangkan tubuh.

"Untuk saya, berdiri dan berjalan adalah hal yang tidak pernah saya impikan sebelumnya. Saya telah lumpuh total selama 20 tahun dan tidak pernah bermimpi bisa berjalan lagi," ujar Radi Kalof, penderita lumpuh total yang menggunakan baju robot ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar