Today :

Not found what you looking for?:

Sabtu, 10 Oktober 2009

Robot Siapkan Sarapan Anda


Membutuhkan seorang asisten yang akan membantu Anda bangun di pagi hari, dan membantu menyiapkan sarapan? Sebuah robot akan siap melakukan tugas-tugas tersebut.

Adalah Twendy-One, nama robot tersebut. Dalam demonstrasinya, robot berwarna putih tersebut membantu seorang pria bangun, bercakap-cakap dan membantu menyiapkan roti bakar di piring dan menuangkan minuman.

robot dengan tinggi 1,5 meter, dan berat 111 kg ini memiliki tangan dan jemari yang mencengkeram dengan lemah lembut, tapi cukup kuat untuk membantu manusia bangun atau berdiri.


"Ini merupakan robot pertama dengan begitu banyak sistem terintegrasi. Sulit untuk menyeimbangkan kekuatan dan fleksibilitas," ungkap Shigeki Sugano, pemimpin proyek Twendy-One.

Pengembangan Twendy-One telah menghabiskan waktu tujuh tahun dan menelan biaya jutaan dolar untuk menghadirkan teknologi-teknologi canggih seperti berbicara dan sensor-sensor untuk menjadikannya lembut dan fleksibel.

Sayangnya, saat ini Twendy One hanya disokong dengan baterai yang hanya mampu bertahan selama 15 menit, dan bagian belakang komputernya cenderung panas setelah digunakan.

Sugano berharap nantinya dapat mengembangkan sebuah robot komersial yang dapat membantu orang lanjut usia dan bisa bekerja di kantor pada tahun 2015, dengan bandrol harga US$200 ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar